Dasar Microsoft Excel

Posted by hari kurniawan February 19, 2013 0 komentar
Editing Buku Kerja
Setiap lembar sebar, termasuk Microsoft excel, pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan CELL. Contoh : E5 artinya pertemuan antara kolom E dan baris ke- 5. Sedangkan RANGE adalah daerah tertentu ( kumpulan dari beberapa cell ). Contoh : A3:G3 (dibaca A3 sampai G3). Sekarang kita akan belajar memasukkan data – data ke dalam worksheet. 

Langkah-langkah Memasukkan Data
  1. Aktifkan program lembar sebar
  2. Letakkan pointer di A1, ketik No, tekan enter
  3. Penekanan enter akan membuat No melompat ke dalam worksheet (dalam contoh ini ke A1), dan pointer langsung lompat ke baris berikutnya, dalam contoh ini ke A2. Langsung ketik angka 1
  4. Bawa pointer ke B1 dengan anak panah kanan, ketik Nama, tekan enter
  5. Setelah di enter, pointer lompat ke B2, ketik Nia Kurniati enter
  6. Bawa pointer ke C1 dengan anak panah kanan, ketik Umur enter
  7. Pointer lompat ke C2, ketik 21 enter
  8. dst.


Mengubah isi data cell
Misalkan isi cell B2 yang berisi Nia Kurniati akan diedit menjadi Nia Kurniaty:
1) Pindahkan pointer ke cell B2
2) Tekan tombol F2.
3) Maka kursor akan berada pada cell tersebut
4) Sekarang ganti i dengan y
5) Setelah selesai tekan enter.

Menghapus Data
Cara untuk menghapus data yaitu :
1)      Pindahkan pointer ke cell yang isinya akan dihapus. (Untuk memindah pointer selain menggunakan tombol di keyboard, kita dapat juga mengklik langsung cell yang bersangkutan dengan cara arahkan mouse pointer ke cell yang akan dihapus kemudian klik tombol kiri mouse).
2)      Kemudian tekan tombol delete atau del
3)      Maka isi cell akan terhapus.


Mengeblok Data
Salah satu cara untuk memperbaiki tampilan data adalah dengan mengeblok terlebih dahulu data yang akan diubah formatnya, misalnya ingin menebalkan, menambah garis bawah, mengcopy, memindah dan lain-lain.

Tekan Shift (jangan dilepas) lalu tekan → :Mengeblok Satu sel di sebelah kanan pointer
Tekan Shift (jangan dilepas) lalu tekan ← Mengeblok Satu sel di sebelah kiri pointer
Tekan Shift (jangan dilepas) lalu tekan ↑ :Mengeblok Satu sel di sebelah atas Pointer, dan lain-lain

Mengeblok Data dengan tombol Mouse
1) Letakan tanda mouse diawal blok misal cell B2
2) Drag (tekan tombol kiri mouse dan jangan dilepas) ke bawah sampai baris blok terakhir misal cell E8


Mengeblok Seluruh lembar kerja
1) Letakan tanda mouse di pojok kiri atas (di kiri kolom A, diatas baris 1) sampai muncul tanda
2) Klik 1 x (jika seluruh daerah di lembar kerja tersebut diblok maka yang terblok adalah A1 sampai dengan IV65536

Mengatur format tampilan huruf
1) Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang isinya yang akan dibentuk
2) Klik menu Format
3) Klik submenu Cell (Ctrl + 1)
4) Tampil: Dialog box format cell
5) Klik tab Font
6) Pada tombol drop_down Font, pilih dan Klik jenis bentuk huruf yang diinginkan
7) Pada tombol drop_down Font Style, pilih dan klik gaya tampilan huruf yang diinginkan
8) Pada tombol drop_down Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan
9) Pada tombol drop_down Underline, pilih dan klik bentuk garis bawah yang diinginkan
10) Pada tombol drop_down Color, pilih dan klik box warna huruf yang diinginkan
11) Pada option Effect, pilih dan klik box efek pencetakan yang diinginkan
12) Klik tombol OK

Meratakan tampilan data
Untuk meratakan tampilan data ada dua cara :
Cara pertama:
1)      Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang masingmasing isinya akan diubah perataannya.
2)      Klik salah satu icon Align Left (rata kiri sel) – icon Center (rata tengah) – icon Right (rata kanan sel)  pada toolbar format
                                                
Cara kedua:
1)      Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang masing-masing isinya akan diubah perataannya.
2)      Klik menu Format
3)      Klik submenu Cell (Ctrl + 1)
4)      Tampil: Dialog box format cell
5)      Klik tab Alignment
6)      Pada Text alignment pilih jenis perataan text baik dibagian Horizontal maupun Vertical.
7)      Pada Orientation pilih format tampilan text yang dikehendak (maximal 90 degrees dan minimal -90 degrees).
8)      Pada Text control pilih format yang sesuai (Wrap text untuk menampilkan text sesuai dengan lebar kolom, Shrink to fit untuk untuk menyesuaikan ukuran text
1)      sesuai dengan lebar kolom, Merge cell untuk menggabungkan beberapa baris maupun kolom)
9)      Klik Tombol OK


Memformat Data Tanggal (Date)
Terdapat dua cara mengetik data tanggal yaitu :
1)       Ketik = DATE (Tahun, Bulan, Tanggal), contoh : 27 April 2005 diketik= DATE(2005,4,27)
2)       Ketik Bulan/Tanggal/Tahun atau Bulan-Tanggal- Tahun, contoh : 27 April 2005 diketik 27/4/2005
 tanggal yang diketik dengan format Bulan/Tanggal/Tahun misalnya 27/4/2005 bisa dirubah dengan tampilan tertentu seperti 27-April- 2005, 27 April 2005 dan lain-lain dengan cara:
1)      Blok Range yang isinya akan dirubah
2)      Klik menu Format
3)      Klik Cell
4)      Klik tab Number
5)      Klik Date
6)      Pada kotak Type, Pilih 14-Mar-01
7)      Klik OK



Memformat Tampilan Angka (Number)
Data yang kita ketik kadang perlu diubah tampilannya, misalnya dari angka 5000 menjadi
5,000.00. Cara mengubah tampilan angka adalah sebagai berikut :
1) Blok Range yang isinya akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Klik Cell
4) Klik tab Number
5) Pada kotak Category, Klik Number
6) Pada kotak Decimal places ketik 2
7) Klik Use 1000 Separator (,) untuk menampilkan koma sebagai pemisah ribuan
8) Pada kotak Negative numbers pilih format yang sesuai
9) Klik OK

Cara menampilkan Simbol Rp. di depan angka misalnya Rp. 100.000,00.
1) Blok Range yang akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Klik Cell
4) Klik tab Number
5) Pada Category, klik Accounting
6) Pada kotak Symbol, pilih Rp. Indonesian
7) Klik OK


Mengubah Lebar Kolom dan Tinggi Baris
Cara mengubah lebar kolom :
1) Letakan tanda mouse di salah satu batas kolom misalnya kolom A dan kolom B sampai muncul
2) Drag ke kanan (Width:15.00) untuk melebarkan kolom A

Atau dengan cara merubah lebar kolom menggunakan menu:
1) Blok kolom yang akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Pilih Column
4) Klik Width….
5) Pada kotak Column Width, ketik misal 20
6) Klik OK

Mengubah Tinggi Baris
Cara mengubah tinggi baris:
1) Letakan tanda mouse di salah satu batas baris misalnya baris 1 dan baris 2 sampai
muncul
2) Drag ke bawah (Height:15.00) untuk melebarkan baris 1

Atau dengan cara merubah tinggi baris menggunakan menu:
1) Blok baris yang akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Pilih Row
4) Klik Height...
5) Pada kotak Row Height, ketik misal 20
6) Klik OK

Mengubah Tinggi Baris
Cara mengubah tinggi baris:
1)      Letakan tanda mouse di salah satu batas baris misalnya baris 1 dan baris 2 sampai muncul
2)      Drag ke bawah (Height:15.00) untuk melebarkan baris 1

Atau dengan cara merubah tinggi baris menggunakan menu:
1) Blok baris yang akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Pilih Row
4) Klik Height...
5) Pada kotak Row Height, ketik misal 20
6) Klik OK


Mengubah Tinggi Baris
Cara mengubah tinggi baris:
1) Letakan tanda mouse di salah satu batas baris misalnya baris 1 dan baris 2 sampai
muncul
2) Drag ke bawah (Height:15.00) untuk melebarkan baris 1

Membuat Arsiran atau warna
1) Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang akan diberi arsiran atau warna
2) Klik menu format
3) klik submenu Cells (Ctrl + 1)
4) Klik tab Patterns
5) Pada option Cell shading, pilih warna yang sesuai
6) Pada option Pattern pilih jenis pola yang sesuai (dikotak Sample tampil sesuai dengan Patterns yang dipilih)
7) Klik OK

Menyalin dan Menempel Data
Misalkan isi cell B2 akan disalin ke cell E2:
1) Pindahkan pointer ke cell B2
2) Klik menu edit, pilih copy (Ctrl + C) atau klik di toolbars standard.
3) Pindahkan pointer ke cell E2.
4) Klik menu edit, pilih paste (Ctrl + V) atau klik di toolbars standard

Memindahkan Data
Misalkan isi cell B2 akan dipindahkan ke cell E2:
1) Pindahkan pointer ke cell B2
2) Klik menu edit, pilih cut (Ctrl + X). atau klik di toolbars standard
3) Pindahkan pointer ke cell E2.
4) Klik menu edit, pilih paste (Ctrl + V) atau klik di toolbars standard

Membuat Angka Urut
Di dalam pengetikan angka urut misalnya 1 sampai dengan 10, sering kita mengetik angka-angka tersebut secara manual. Hal semacam ini kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama dan kemungkinan akan terjadi kesalahan ketik.
Cara membuat angka urut secara cepat yaitu :
1) Klik cell A1
2) Ketik angka 1 (tekan enter 1x)
3) Ketik angka 2 (tekan enter 1x)
4) Blok cell A1 sampai cell A2
5) Letakan pointer di Fill handle (pojok kanan bawah) sampai muncul tanda +
6) Drag ke bawah sampai baris ke 10


Menggunakan Rumus
Rumus merupakan instruksi metematika yang dimasukkan ke suatu cell pada lembar kerja. Rumus akan membawa instruksi untuk melakukan proses perhitungan tertentu. Lembar sebar dapat melakukan proses perhitungan dengan menggunakan operator hitung
sebagai berikut :
Tombol Nama Tombol Keterangan Fungsi
+ Tanda plus Penjumlahan
- Tanda minus Pengurangan
* Tanda asterisk Perkalian
/ Tanda solidus atau slash Pembagian
^ Tanda circumflex accent Perpangkatan

Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan operator sebagai berikut:
Proses Pertama ^
Proses Kedua * atau /
Proses Ketiga + atau –
Rumus yang diapit dengan tanda kurung () akan diproses terlebih dahulu. Menulis Rumus selalu diawali dengan lambang sama dengan (=) .
Setiap penulisan rumus diawali dengan tanda ’sama dengan’ (=) diakhiri dengan menekan Enter
Pada contoh di atas, Cell D1 merupakan hasil penjumlahan dari cell A1 dan C1 dengan
menggunakan rumus penjumlahan: = A1 + C1 Demikian juga untuk cell D2, D3 dst

Mengunakan Fungsi
Ada beberapa fungsi yang sering di gunakan pada saat bekerja dengan lembar sebar, yaitu
COUNT : Menghitung banyak data dalam suatu range AVERAGE : Menghitung nilai rata – rata data dalam suatu range
MAX : Menghitung nilai tertinggi data dalam suatu range
SUM : Menghitung penjumlahan data dalam suatu range
MIN : Menghitung nilai terendah data dalam suatu range
ROUND : Membulatkan data

Nilai total ialah jumlah harga keseluruhan dari barang-barang tersebut. Untuk itu digunakan fungsi SUM. Dengan rumus =SUM(F2:F9)

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA ^_^
Judul: Dasar Microsoft Excel
Ditulis oleh hari kurniawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ayie1927.blogspot.com/2013/02/dasar-microsoft-excel.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
ayie1927.blogspot support Hari Kurniawan - Original design by Bamz | Copyright of ALL IN ONE .

Support